ASI...!@#$%^*$%#@94!$$


Dari sejak kehamilan Ibu berusia sekitar 24 minggu Ibu sudah bertekad keras mau ngasih anak Ibu ASI eksklusif. Makanya sejak kehamilan usia segitu, Dokter udah ngelatih Ibu mijit-mijit nipple, dan ternyata kolostrum nya udah keluar,lho..

Alhamdulillah Ibu sama Kayla juga sukses jalani Inisiasi Menyusui Dini which is feel amazing banget. Gak bisa digambarkan dengan apapun perasaan hari itu, merasakan satu sosok bayi mungil di atas tubuh kita, bayi yang gak berdaya tapi dia bisa mendeteksi arah air susu ibunya dan berusaha keras mencarinya. Dan setelah berhasil mendekat ke payudara Ibu, dengan lahapnya dia hisap.

Pinter anak Ibu ini..*bangga*

Saking ngotot pengen menyusui, Ibu juga udah wanti-wanti sama Zuster Rumah Sakit (dan sama Ayah juga) kalo bayi Ibu nggak boleh dikasih susu formula sedikitpun nanti di ruang bayi. Kalo nangis, jam berapapun harus dibawa ke Ibu.

Akhirnya Dd jadi tidur sekamar sama Ibu deh di Rumah Sakit. Kecuali beebrapa kali dibawa ke ruang bayi, disinar karma agak kuning.

Dokter bilang, kolostrum, ASI yang keluar 3 hari pertama adalah ASI terbaik dan gak akan pernah diproduksi lagi di hari ke-4. Makanya selama tiga hari itu Ibu semangat banget ngasih K ASI. Dan saat itu Ibu juga belum mengalami masalah apapun waktu menyusui K. Belum merasakan putting sakit, payudara bengkak dan lain lainnya. Semua kerasa baik-baik aja. Sampe-sampe Ibu sempet ngomong gini sama Ayah..

“Yah, kok orang-orang bilang menyusui itu sakit yah? Padahal nggak sama sekali,ah.”

Kira-kira hari kelima menyusui…. Jreng Jreng Jreng….

Permasalahan yang pertama adalah, putting ibu lecet-lecet sampe berdarah-darah! Nggak nyangka sampe segininya, tapi ya begitulah. Dulu denger para Mom begitu, eh kealamin juga. Nah, permaslahan kedua adalah, produksi ASI ibu setelah melahirkan, lagi banyak-banyaknya, sampe bocor-bocor, BRA ibu sampe basah-basah, dan si payudaranya terasa bengkaak banget (dan sakit,banget tentunya), sedangkan K saat itu nenen nya belum sering banget dan belum banyak banget kebutuhannya. Alhasil, payudara Ibu terus membengkak sampe Ibu demam, panas dingin.

Dilemanya, kalo nggak disusuin ni payudara makin sakit aja (karna makin bengkak), tapi disusuin juga sakitnya minta ampun (karna lecet nya ampun-ampunan).

Ternyata menyusui itu nggak gampang ya? No wonder ASI itu sangat bermanfaat dan yang terbaik untuk bayi. Setara lah dengan perjuangannya.

Mudah-mudahan Ibu bisa terus menyusuimu sampai 2 tahun ya, nak...

0 comments:

Labels

 

my adorable angel ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)