The Day She Born...[last part]


Perjalanan ke lantai 6 [ke ruang bersalin] rasanya lammaa banget, apalagi Ayah harus naik lift terpisah. Makanya waktu sampai di ruang bersalin, pertanyaan pertama yang Ibu tanya ke Zuster adalah "Mana suami saya, Zus?" (kesannya seolah suamiku diambil sama dia) He He..
Di lantai 6 itu, di satu lantai itu terdapat belasan kamar bersalin. Ibu masuk ke salah satunya.

Seudah Ayah ada di samping Ibu lagi, sekarang giliran bertanya-tanya, 'mana nih bidannya'? kok kita dibiarin berdua aja sementara rasanya perut udah mules-mules banget..
Oiya, dipotong dulu ya ceritanya..
Ibu belum cerita kan, kenapa kelahiran ini akhirnya dibantu oleh seorang Bidan. Kenapa?
Aneh,kan? Mengingat history dokter anak ini dari sejak hamil 0(nol) bulan buanyak banget. Ada Dokter Lies (Hermina-Bandung), Dokter Winur (YPK-Jakarta), Dokter James Thouw (yang operasi Ibu di Hermina-Bandung), Dokter Eka (YPK-Jakarta), Dokter Bambang Karsono (YPK-Jakarta), Dokter Hendra Gunawan Widjanarko (Hermina-Bandung) dan terakhir Dokter Abu (RS Budi Kemuliaan). Amazing, kan? dari dokter yang orang bilang 'biasa-biasa' sampe profesor yang senior banget yang umurnya udah 72th (dokter James), dan ahli USG di Jakarta (dokter Bambang Karsono) yang ngejarnya ampun susah banget sampe akhirnya USG di tempat prakteknya di Menteng jam 11 malem!
Nahlo. sekarang melahirkannya malah di RS Budi Kemuliaan, cuma dibantu Bidan pula...
Kenapa coba?
Alasannya begini, dulu, Ibu perlu bantuan konsul ke banyak dokter karena masalah Kista ibu. Masa-masa kehamilan Ibu jadi rentan gara-gara ada kista itu. Nah, setelah masa-masa sulit itu lewat, Ibu merasa kehamilan ibu kesini-sini makin baik, bahkan menuju kelahiran, menurut dokter kondisinya makin baik, dan kemungkinan lahir normal itu sangat bisa. Makanya, waktu itu ibu memutuskan untuk dibantu Bidan saja, kecuali kalau ada apa-apa, barulah dokter turun tangan.

Akhirnya Ayah panggil seorang yang sedang lalu lalang.
"Zus, ini bidannya kemana ya?"
"Oh, bidannya lagi membantu kelahiran yang lain juga, tenang saja, Ibu ini kan baru bukaan 6, jadi masih lama, makanya bidannya membantu yang lain dulu yang bukaannya sudah lengkap"
"Memangnya ada berapa Bidan yang hari ini ada?"
"Ada 3 bidan sih, tapi kebetulan ada 8 orang yang melahirkan sekarang, jadi ya Bidannya kesana sini"
Waduh!
That's why, melahirkan dengan Bidan lebih murah dibandingkan melahirkan dibantu dokter. Masalahnya ya begini ternyata, kalo Bidan maenannya 'borongan', nggak fokus satu pasien satu Bidan. Coba kalo dokter, pasti cuman fokus ke satu pasien aja.
Wah, bener-bener berdua lagi deh berjuangnya, mengingat Bidannya cuma dateng sesekali dan beberapa menit aja, liat bukaan,langsung kabur lagi ke ruangan pasien lain.
Pengen nangis, rasanya.
Akhirnya setelah kira-kira pukul 7 malam, sudah bukaan sepuluh! Akhirnya Ibu yang dari subuh sudah menahan rasa ingin ngeden, sekarang disuruh ngeden lah ngeluarin dd bayi. Nah, sekarang bingung deh, ngeden itu kayak gimana ya?
"Ayo Bu, ngeden" katanya.
"Nggak bisa...kayak gimana?"
"Aduh Ibu ini...itu loh kayak mau ee aja"
Waduh... Gitu toh ngeden tuh?
Dan ternyata.. Meski rasa mulasnya sudah over, yang terasa udah mau keluar aja, susssaaaahhhh banget. Ngeden udah sekuat tenaga, udah keliatan dikit kepalanya, brenti ngeden, eh masuk lagi kepala ddnya.
Sampe udah ampir 20 menit ngeden-ngeden, nggak keluar juga akhirnya Ibu dikasih oksigen buatan, katanya Dd nya di perut Ibu ampir kehabisan oksigen.
Waduh... denger itu Ibu langsung berusaha ngeden lagi sekuat tenaga..

Ternyata, pas jam 7.30 malam, ketika Ibu berusaha ngeden sekuat tenaga, tiba-tiba dari belakang pintu ruang bersalin masuklah seseorang.
My Mom.......!!
Thank God...
Dan beberapa detik setelah Ibu masuk, Dd nya langsung brojol....!
Bidannya bilang.. "Wah, ini sih ddnya nunggu neneknya dateng,baru mau nongol" katanya
HeHe..
Alhamdulillah lahirlah bayi mungilku dengan berat 2.800 Kg dan panjang 47 cm.


Bayi Mungilku.

Alhamdulillah Ibu dan Dd bayi bisa menjalani Inisisasi Menyusui Dini dengan suksesnya. Dd kecil ini, baru juga lahir, kecil-kecil udah pinter banget nenen sama Ibu.

















ALhamdulillah wa Syukurillah.. Ya Allah, terima kasih telah diberi kesempatan menikmati keindahan ini. Welcome to my World, my little angel

0 comments:

Labels

 

my adorable angel ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)