gerhana bulan dan mitos


Hari Sabtu kemarin tanggal 16 Agustus itu bertepatan dengan hari Nisfu Sya'ban untuk umat muslim. Katanya, di hari Nisfu Sya'ban ini 'buku' amal ibadah nya kita selama satu tahun ke belakang ditutup hari itu.. untuk kemudian dibuka lembaran 'buku' baru untuk amal-amalan dan ibadah kita di tahun depan.
Hari itu rasanya hampir semua orang di rumah Ayah semangat menyambut Nisfu Sya'ban. Mama (Tepatnya nenek kamu,d), Nenek (Uhm tepatnya buat kamu, beliau ini Eyang kamu ya), bada maghrib berangkat pengajian ke mesjid. Ibu sama Ayah sih sholat & ngaji di rumah aja.
Dan hari itu mungkin karena kelelahan, Ibu sama Ayah tidur cepet hari itu.

Sekitar jam 03 pagi, samar-samar ibu denger ada suara takbiran seperti mau idul fitri gitu. Padahal seingat ibu, Nisfu Sya'ban kan nggak pake takbiran begitu. Ada apa ya?
Nggak lama dari itu, dari balik pintu ada suara Mama (Nenek) manggil ibu.
" Teh... bangun, sholat.." katanya Mama.
Gak biasanya Mama bangunin ibu buat sholat. Ibu lirik jam, masih jam 03.50. Waktu sholat subuh masih lama. Tapi tanpa ragu Ibu langsung ambil wudhu. Baru seudah beres wudhu, Mama bilang sama ibu lagi "Kamu kan lagi hamil, sekarang gerhana bulan. Sholat gih 2 rakaat, suratnya Al Kafirun sama, Al Ikhlas, berdoa sama Allah mudah-mudahan ga ada apa-apa"
Amiinnn...

Pagi-paginya ibu dapet sms dari sepupu ibu (Tante Dini), katanya dia itu tengah malem dibangunin bapaknya (pamannya Ibu), dan dimandiin! Weleh..
Memang sebagian orang, teruama orang-orang tua jaman dulu percaya mitos kalau ada gerhana bulan, wanita hamil itu harus dimandikan, lalu semunyi di kolong ranjang! Believe it or not, jaman dulu begitu kepercayaannya.
Untungnya, keluarga Ibu dan Ayah bukan termasuk yang percaya hal-hal begitu.
Yang masuk akal sih, kita banyak-banyak beribadah dan beristighfar aja sama Allah, mudah-mudahan dijauhkan dari segala marabahaya.

Tapi... Ibu penasaraannn banget.. apa wanita-wanita masa kini masih banyak yang percaya hal begitu ya?

2 comments:

Mas Hery on August 18, 2008 at 10:17 PM said...

kalo wanita masa kini (duh bahasanya,kayak baca artikel di majalah kartini tahun 80-an) mungkin ga sebanyak yang pada percaya ritual gituan, tapi kalo ditanya di jawa sih mungkin banyak juga, lha wong bulan purnama emang katanya datangnya bala yang bisa bahayain calon ibu dan janin....dulu kan (katanya) raksasa pada turun nyari bayi..hiii..seremmmm....tapi masih kalah serem sama raksasa di sinetron2 INDOSIAR ko...hehhehe

Arien Ahyadibrata on August 19, 2008 at 3:12 AM said...

Iya itu juga yang aku denger..katanya kepercayaan jaman dulu, gerhana bulan terjadi karena bulan dimakan sama raksasa,makanya ibu hamil mesti sembunyi di kolong ranjang bair gak dimakan raksasa...hihi..silly.

Susah ya mendobrak kepercayaan orang tua dulu, sementara kita2 yang hamil banyak ketakutannya.

Labels

 

my adorable angel ♣ ♣ ♣ Mamanunes Templates ♣ ♣ ♣ Inspiração: Templates Ipietoon
Ilustração: Gatinhos - tubes by Jazzel (Site desativado)